Dalam satu dasawarsa terakhir pengelolaan pengetahuan
(knowledge management), menjadi salah satu metode peningkatan
produktifitas suatu organisasi, perusahaan atau instansi. Hal ini dapat
dimengerti karena kompetisi tidak lagi mengandalkan sumber daya alam,
tetapi berpindah kepada pemanfaatan sumber daya manusia secara optimal.
Pemanfaatan sumber daya manusia melalui potensi kreativitas dan inovasi,
agar dapat meningkatkan produktivitas suatu organisasi.
Berbagi pengetahuan (knowledge sharing) merupakan
salah satu metode dalam knowledge management yang digunakan untuk
memberikan kesempatan kepada anggota suatu organisasi, instansi atau
perusahaan untuk berbagi ilmu pengetahuan, teknik, pengalaman dan ide
yang mereka miliki kepada anggota lainnya. Berbagi pengetahuan hanya
dapat dilakukan bilamana setiap anggota memiliki kesempatan yang luas
dalam menyampaikan pendapat, ide, kritikan, dan komentarnya kepada
anggota lainnya. Disinilah peran berbagi pengetahuan dikalangan karyawan
menjadi amat penting untuk meningkatkan kemampuan karyawan agar mampu
berpikir secara logika yang diharapkan akan mengahasilkan suatu bentuk
inovasi. Jadi inovasi merupakan suatu proses dari ide melalui penelitian
dan pengembangan akan menghasilkan prototipe yang bisa dikomersialkan.
Sebenarnya menurut para ahli misalnya Carl Davidson dan Philip Voss
mengatakan bahwa mengelola knowledge sebenarnya merupakan bagaimana
organisasi mengelola staf mereka, sebenarnya bahwa knowledge management
adalah bagaimana orang-orang dari berbagai tempat yang saling berbeda
mulai saling bicara.
Wakil perusahaan dari Rover Group (Collin Jones)
mengatakan bahwa sebagai bagian dari knowledge management strategy,
Rovernet mengatakan bahwa intranet merupakan bagian yang sangat membantu
mereka dalam mengaplikasikan learning dan share best practice mereka.
Menurut David J.Skryme bahwa salah satu tantangan knowledge management
adalah menjadikan manusia berbagai knowledge mereka. Untuk mengahadapi
tantangan tersebut dia menyarankan tiga C yaitu: Culture, Co-opetition
(menyatukan kerjasama dengan persaingan) dan Commitment.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar